RSS

Design Pemodelan Grafis Menggunakan Corel Draw

16 Des

TUGAS SOFTSKILL 3

Nama    : Abdul Latif Jafar
NPM     : 50412021
Kelas    : 3IA25

SEJARAH COREL DRAW

CorelDRAW adalah software pembuat grafik vector yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation di Ottawa, Kanada. Versi terakhir dari CorelDRAW adalah versi X6 atau versi 16 (saat artikel ini dibuat) yang diluncurkan pada tanggal 20 Maret 2012.

CorelDRAW pertama kali dibuat pada tahun 1987. Corel Corporation mempekerjakan teknisi software bernama Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi dasar vector yang nantinya disatukan dengan sistem desktop publishing mereka. Awalnya program CorelDRAW dirilis pada tahun 1989, CorelDRAW versi 1.x dan 2.x yang berjalan pada platform Windows.

CorelDRAW 3.0 dirilis bersamaan dengan Microsoft Windows 3.1. Fakta yang terdapat dalam True Type pada Windows 3.1 merubah CorelDRAW benar-benar menjadi sebuah program ilustrasi yang dapat menggunakan Sitem instalasi lainnya tanpa rekomendasi aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Type Manager.

Beberapa inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor pada CorelDraw : Note-edit tool, stroke before fill, mesh fill dan sebagainya.

CorelDraw memiliki perbedaan mencolok dibandingkan kompetitornya. Yang pertama bahwa CorelDraw adalah suatu paket software grafis, bukan hanya sebuah editor gambar berbasis vektor. Peralatan – peralatan yang ada memungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangn warna bahkan mengubah dari mode RGB (Red Green Blue) menjadi CMYK (Cyan Magenta Yellow). Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan Corel PhotoPaint.

Pesaing utama CorelDraw adalah Adobe Illustrator dan Xara Extreme. Meskipun mereka semua juga program editor gambar berbasis vector, namun pengalaman penggunanya dapat menghasilkan perbedaan yang mencolok.

DEFINISI COREL DRAW

CorelDraw adalah salah satu software grafis berbasis vektor. Software lain yang sejenis antara lain: Macromedia Freehand, Adobe Ilustrator. Ada juga Autodesk AutoCad dan Kinetix 3DStudioMax yang juga berbasis vektor namun kelasnya berbeda, karena AutoCad lebih condong ke keperluan industri, dan 3DStudioMax lebih condong ke arah animasi, dan keduanya memiliki kemampuan vektor 3D.

Di antara software yang sekelas, CorelDraw memiliki kelebihan antara lain: kemudahan penggunaan lewat GUI yang informatif dan dukungannya ke raster image yang baik. Corel memiliki software raster editor sendiri dengan nama Corel PhotoPaint yang terintegrasi. Sedangkan kelemahan Coreldraw terletak pada akurasinya. Misalnya; pada transformasi gambar kadang hasilnya tidak akurat.

Perlu ditekankan sekali lagi bahwa program sejenis CorelDraw Biasanya digunakan untuk menggambar. Yang dapat digambar disini adalah hampir segala hal, mulai dari:

  • Bentuk dasar, seperti garis, segi empat, kurva, lingkaran, dan kapsul.
  • Bentuk sederhana, seperti logo dan huruf.
  • Bentuk kompleks, seperti tampak depan mini compo, dan tampak samping sepeda motor.
  • Bentuk teknis seperti potongan gedung, denah kota (lengkap dengan skala).
  • Text yang berupa diagram dan newsletter, hingga ke * Bentuk sangat kompleks, seperti komik, desain poster, dan clipart.

Coreldraw memberikan kemudahan lebih untuk menggambar teknik daripada menggambar non-teknik, sehingga waktu pengerjaannya pun relatif lebih singkat. Hal ini dikarenakan oleh tiga hal;

  • Gambar teknik biasanya lebih sederhana daripada gambar lain, misalnya tubuh manusia.
  • Gambar teknik umumnya tidak menggunakan banyak titik.
  • Ada banyak pengulangan pada gambar teknik.

KEGUNAAN COREL DRAW

1. Menciptakan design logo atau simbol.
2. Membuat desingn undangan, brosur, dan lain-lain.
3. Membuat cover buku.
4. Membuat gambar ilustrasi.

FITUR PADA COREL DRAW X6

  1. Pick Tool.
  2. Shape Tool.
  3. Crop Tool.
  4. Zoom Tool.
  5. FreeHand Tool.
  6. Smart Fill Tool.
  7. Rectangle Tool.
  8. Ellipse Tool.
  9. Polygone Tool.
  10. Basic Shape Tool.
  11. Text Tool.
  12. Table Tool.
  13. Parallel Dimension Tool.
  14. Stright-Line Connector Tool.
  15. Blend Tool.
  16. Color Eyedropper Tool.
  17. Outline Tool.
  18. Fill Tool.
  19. Interactive Fill Tool.
  20. Power Clip.
  21. Baseline Grid.
  22. Alignment Guides Setup.
  23. Page Number Setting
  24. Color Styles Pallete.
  25. Layout Toolbar

KEUNGGULAN COREL DRAW

  1. Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap.
  2. Penggunaan CorelDraw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.
  3. CorelDraw sangat baik untuk menggabungkan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop.
  4. Banyaknya pengguna CorelDraw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari CorelDraw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.

KEKURANGAN COREL DRAW

  1. Memakan memori dan resource lain yang sangat besar apalagi bila gambar yang sedang dibuat mempunyai detail yang banyak. Pada PC yang low end penggunaan format CDR sering menimbulkan pesan ‘crash’ pada system bahkan dalam proses effect bevel/emboss dalam PC yang bagus pun dapat timbul “Not Responding”.
  2. Besar file yang dibuat terlalu besar, 1 gambar saja hingga 200MB atau lebih dari itu.
  3. Warna yang dicetak tidak akurat (tidak sesuai dengan tampilan layar) pada beberapa jenis printer.
  4. Dalam pembuatan objek table tidak semudah membuat table dalam MS Word. Yaitu dengan cara yang sangat manual.
  5. Apabila ada penggabungan objek vector dan photo/bitmap kualitas cetakannya kurang memuaskan, misalnya membuat cover buku yang terdapat objek text dan photo.
  6. Kompatibilitas versi CorelDraw banyak kendala dalam sharing ke versi lainnya.

TAMPILAN AWAL COREL DRAW

Tampilan Awal Corel Draw X5

Tampilan Awal Corel Draw X5

1. Menu Bar 

               Menu bar adalah menu yang berisikan menu-menu pull down. Cara menggunakan menu ini  adalah dengan cara mengklik atau menggunakan alt+huruf yang bergaris bawah pada menu bar.

2. Standard Toolbar

                Toolbar yang berisi sekumpulan ikon sebagai shortcut untuk perintah tertentu. Perintah yang terdapat pada standard toolbar adalah perintah-perintah standar seperti new, save, open, copy, cut, print, maupun paste.

3. Toolbox

                Toolbox adalah toolbar yang terdiri dari ikon-ikon yang digunakan untuk membuat dan memodifikasi suatu gambar. Toolbox merupakan kunci dari editing dalam CorelDRAW karena sebagian besar proses editing dilakukan melalui toolbox.

4. Property Bar

                Property bar adalah toolbar yang akan berubah secara otomatis apabila diklik salah satu ikon di toolbox atau bisa disebut juga dengan bagian tool yang aktif.
                Contohnya apabila kita mengklik ikon text tool, maka property bar akan berubah menjadi seperti dibawah ini.



5. Color Palette

               Color Palette merupaka toolbar yang khusus dippergunakan untuk memberi warna secara cepat pada obyek gambar.
Sumber :
Ebook Belajar Corel Draw oleh Zainoel Arifin Isyai
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: