RSS

Web dan Perilaku Pengguna / Interaksi Manusia dengan Komputer

24 Jun

1. Perilaku Navigasi

Pada suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan topik “IT dan Marketing”, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan “reviewed by S.P.D”. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.

 Permasalah dalam kaitan dengan:
– Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaran pada situs.
– Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.
Pemakai interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
– Tabel Index (Peta Lokasi)
– Index
– Navigasi
– Fasilitas Pencarian (Search) 
 
2. Perilaku Pencarian 
Fitur pencarian internal tentunya telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.
 
Contoh perilaku pencarian yakni kaskus dan detikForum :
  • Kaskus
 
Gambar
Pada gambar di atas. Dilihat navigasi bagian header terdapat kolom pencarian. Disini user bisa mencari apa yang diinginkan. Jika misalnya ingin mencari sesuatu di Forum bisa dengan memilih kategori Forum. Jika ingin mencari suatu barang atau jasa bisa dengan memilih kategori FJB. Dan yang terakhir adalah user bisa mencari group yang ada di forum Kaskus
 
  • DetikForum

Gambar

Dari gambar di atas, dilihat dari navigasi yang juga terdapat di bagian header, user bisa mencari berupa berita, alamat ataupun mencari barang atau jasa pada kolom pencarian.
Dan dibagian footer pada masing-masing forum tersbut terdapat About Us, Contact, FAQ, Privacy Policy, Help, dan ada kata-kata yang menjadi situs tersebut dikenal orang.Serta juga terdapat navigasi ke Subforum atau ke Subdomain situs tersebut.
 
3. Rekomendasi
Rekomendasi adalah memberitahukan kepada seseorang atau lebih bahwa sesuatu yang dapat dipercaya, dapat juga merekomendasikan diartikan sebagai menyarankan, mengajak untuk bergabung, menganjurkan suatu bentuk perintah.

4. Web Rerefleksikan Perilaku Sosial

Web pun dapat merefleksikan perilaku sosial masyarakatnya, dengan adanya IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seseorang contohnya seseorang yang sering mengakakses situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada conter ataupun diskon-diskon yang ada. 

5. Web mempengaruhi perilaku sosial

Web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. Ada dua dampak yang ditimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif.

Dampak Positif:

1. Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia.

2. Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah.

3. Mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan.

Dampak negatif :

1. Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet

2. Adanya plagiatisme

3. Munculnya pencurian/hack

4. Munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental

5. Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri

Daftar Pustaka
http://nunuu17.blogspot.com/2014/06/web-dan-perilaku-pengguna-dari-sisi.html
http://clickforgamers.blogspot.com/2013/06/web-perilaku-pengguna-interaksi-manusia.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s