RSS

Cloud Computing

12 Nov

Dalam tulisan kali ini penulis akan menjelaskan apa definisi Cloud Computing? dan hubungan Cloud Computing dengan Internet?

Cloud Computing

Pengertian cloud computing itu adalah gabungan dari pemanfaatan teknologi (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Cloud computing merupakan sebuah metode komputasi dimana kemampuan TI disediakan sebagai layanan berbasis internet.
Cloud Computing sendiri juga adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.

Contoh ilustrasi proses cloud computing :

download

Seperti yang dilihat pada gambar diatas bahwa semuanya tergabung menjadi satu kesatuan dan inilah yag dinamakan cloud computing.

Cloud Computing terdiri atas 5 karakteristik utama yaitu :

    1. On Demand Self Service (pelayanan mandiri diri sendiri saat diperlukan)
    Pengguna dapat memesan dan mengelola layanan tanpa interaksi manusia dengan penyedia layanan, misalnya dengan mengguna-kan, sebuah portal web dan manajemen antarmuka. Pengadaan dan perlengkapan layanan serta sumber daya yang terkait terjadi secara otomatis pada penyedia

    2. Broad Network Access (akses jaringan yang besar)
    Layanan yang tersedia terhubung melalui jaringan pita lebar, terutama untuk dapat diakses secara memadai melalui jaringan internet, baik menggunakan thin client, thick clien, ataupun media lain seperti smartphone.

    3. Resource Pooling (resource menyatu)
    Penyedia layanan cloud memberikan layanan melalui sumberdaya yang dikelompokkan di satu atau berbagai lokasi data center yang terdiri dari sejumlah server dengan mekanisme multi-tenant. Mekanisme multi tenant ini memungkinkan sejumlah sumberdaya komputasi digunakan bersama-sama oleh sejumlah user, dimana sumberdaya tersebut baik yang berbentuk fisik maupun virtual, dapat dialokasikan secara dinamis untuk kebutuhan pengguna/pelanggan sesuai permintaan. Dengan demikian, pelanggan tidak perlu tahu bagaimana dan darimana permintaan akan sumberdaya komputasinya dipenuhi oleh penyedia layanan. Yang penting, semua permintaan dapat terpenuhi. Sumberdaya komputasi ini meliputi media penyimpanan, memory, processor, pita jaringan, mesin virtual.

    4. Rapid Elasticity (elastisitas cepat)
    Kapasitas komputasi yang disediakan dapat secara elastis dan cepat disediakan, baik itu dalam bentuk penambahan atau pengurangan kapasitas yang diperlukan.

    5. Measured Service (layanan pengukuran)
    Sumber daya cloud yang tersedia harus dapat diatur dan dioptimasi penggunaannya, dengan suatu sistem pengukuran yang dapat mengukur penggunaan dari setiap sumberdaya komputasi yang digunakan (penyimpanan,memory,processor,lebar pita, dan aktivitas user, dan lainnya). Dengan demikian, jumlah sumber daya yang digunakan dapat secara transparan diukur yang akan menjadi dasar bagi user untuk membayar biaya penggunaan layanan.

Cloud computing mempunyai 3 tingkatan layanan yang diberikan kepada pengguna, yaitu:

    1. Infrastructure as service
    IaaS adalah layanan dari Cloud Computing sewaktu kita bisa “menyewa” infrastruktur IT (unit komputasi, storage, memory, network, dsb). Dapat didefinisikan berapa besar unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage), memory (RAM), bandwidth , dan konfigurasi lainnya yang akan disewa. Contohnya seperti Amazon Elastic Compute Cloud dan Simple Storage Service.
    Keuntungan dari laaS adalah kita tidak perlu membeli komputer fisik, dan konfigurasi komputer virtual tersebut dapat diubah (scale up/scale down) dengan mudah. Sebagai contoh, saat komputer virtual tersebut sudah kelebihan beban, kita bisa tambahkan CPU, RAM, Storage, dsb. dengan segera.

    2. Platform as a service (PaaS)
    Layanan dari Cloud Computing yang dimana kita bisa menyewa “rumah” berikut lingkungannya, untuk menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Contohnya yang sudah mengimplementasikan ini adalah Force.com dan Microsoft Azure investment.
    Keuntungan dari PaaS bagi pengembang dapat focus pada aplikasi yang sedang dikembangkan tanpa harus memikirkan “rumah” untuk aplikasi, dikarenakan hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab cloud provider.

    3. Software as a service (SaaS)
    Layanan dari Cloud Computing dimana pelanggan dapat menggunakan software yang telah disediakan oleh cloud provider. Contoh layanan SaaS antara lain adalah gmail, office365, facebook, dan Skype.
    Keuntungan dari SaaS adalah kita tidak perlu membeli lisensi software lagi dan tinggal berlangganan ke cloud provider setelah itu tinggal membayar berdasarkan pemakaian.

Hubungan Cloud Computing dengan Internet
Sebenernya jika anda menggunakan internet secara otomatis anda telah menggunakan teknologi dari Cloud Computing, karena dari definisi cloud computing sudah dapat disimpulkan Cloud Computing adalah metode komputasi dimana kemampuan TI disediakan sebagai layanan berbasis internet. Dan Cloud Computing sendiri adalah teknologi baru di bidang komputasi terdistribusi dimana berbagai pihak dapat mengembangkan aplikasi dan layanan berbasis SOA (Service Oriented Architecture) di jaringan internet. Contoh aplikasi yang dapat dilakukan oleh teknologi Cloud Computing dengan berbasis Internet adalah google, facebook, gmail, skype, force.com, Amazon Elastic Compute Cloud, dll. Google merupakan salah contoh Cloud Computing yang saat popular yang menggunakan teknologi komputasi dan teknik pemrograman baru atau teknik pengembangan berubah dengan cepat, tujuan dalam komputasi awan nampaknya akan membuat teknologi menjadi sangat mudah dimata user dan menjadikannya sesederhana mungkin.

Daftar Pustaka :

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
e-book-Pengantar-Cloud-Computing-Alex Budiyanto

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: