RSS

Kasus Masalah Sosial – Tawuran Pelajar

23 Nov

Kasus Masalah Sosial

Perkelahian Pelajar atau tawuran pelajar seperti sudah menjadi suatu kebiasaan atau sudah menjadi tradisi bagi kalangan pelajar di Indonesia. . Dan bukan hanya tawuran pelajar saja yang kerap terjadi di negara Indonesia tercinta ini, tetapi tawuran antar warga dengan warga dan antar satpol pp dengan pedagang kaki lima juga sering terjadi.
Tawuran antar pelajar semakin menjadi semenjak  terciptanya geng- geng. Geng-geng tersebut melakukan perilaku anarki yang dilakukan didepan umum. Perbuatan mereka sudah sangat tidak terpuji dan mengganggu ketenangan masyarakat. Sebaliknya mereka merasa bangga jika masyarakat itu takut dengan geng/ kelompoknya.
http://www.tempo.co/read/news/2012/09/26/064432108/Tawuran-Pelajar-SMA-Yake-Tewas-Kena-Celurit
Gambar diatas merupakan berita dari Tawuran SMA Yayasan Karya 66 (YAKE) dengan SMA Kartika Zenith.  Akibat dari tawuran tersebut salah seorang siswa SMA tersebut tewas terkena sabetan celurit di dada sebelah kirinya. Sangat ironis sekali jika kita membayangkan kejadian tersebut
Dari berita tersebut kita bisa mengetahui bahwa tawuran pelajar itu pasti akan menyebabkan kerugian buat diri-sendiri dan masyarakat. Perkelahian pelajar tersebut pun tidak hanya menggunakan tangan kosong atau satu lawan satu, melainkan perkelahian senjata, bahkan ada yang menggunakan senjata tajam dan dilakukan secara berkelompok.
Pemicu tawuran biasanya berasal dari masalah sepele seperti saling mengejek, pemalakan dan membela teman yang punya masalah dengan sekolah lain.  Dan tawuran pelajar biasanya hanya dilakukan sebagai kegiatan iseng belaka, mencari pamor nama sekolah  dan sebagai ajang bales dendam. Banyak korban akan berjatuhan jika tawuran pelajar ini tidak diatasi dengan baik. Masyarakat berharap tawuran pelajar dijakarta bisa berkurang bahkan tidak akan terjadi lagi supaya tercipta lingkungan bermasyarakat yang nyaman dan kondusif.
Berikut adalah beberapa penyebab dan solusi tawuran pelajar :
  • Perhatian keluarga
Perhatian keluarga yang kurang kepada anaknya bisa menyebabkan dampak yang sangat berpengaruh buat psikis seorang anak. Seorang anak mengharapkan perhatian dan keharmonisan keluarga dalam kehidupannya.  Namun jangan memberikan perhatian dan perlindungan lebih kepada seorang anak karena itu bisa menyebabkan seorang anak menjadi berontak dan ingin berbuat semaunya dia. Dia berpikir jika apa yg dia lakukan pasti akan didukung dan dilindungi oleh keluarga padahal perbuatan yang dia lakuin itu adalah salah. Pola asuh anak yang dengan cara kekerasan sangatlah berpengaruh bagi pikiran fisik dan mental mereka.
Solusinya adalah memberikan perhatian yang cukup kepada seorang anak dan menciptakan suasana lingkungan keluarga yang nyaman dan menyenangkan.
  • Peranan Sekolah
Peranan sekolah sangat penting di kasus masalah sosial ini, karena jika sekolah salah mendidik seorang siswa maka siswanya akan berbuat yang negatif, dia juga tidak bisa menilai mana yang baik buat dia dan mana yang buruk buat dia. Seharusnya pihak sekolah bisa memberikan contoh yang baik kepada murid-muridnya, biasanya jika ada seorang murid yang melanggar peraturan itu pasti dia mencontoh senior-seniornya yang di sekolahan tersebut. Karena dia berpikiran masa senior gue bisa sedangkan gue sendiri kaga bisa, yaaa gue harus bisalah lebih dari dia. Kurangnya pengetahuan tentang agama merupakan penyebab yang paling inti di kasus masalah sosial ini
Solusinya adalah sekolah itu seharusnya bersikap tegas kepada murid-muridnya yang melanggar peraturan dan diberi sanksi yang cocok dengan apa yang dia lakukan. Dan sekolah harus memberikan pelajaran agama dan pendidikan kewarganegaraan kepada murid-muridnya.
  • Lingkungan Sekitar
Jika seorang anak bergaul dengan lingkungan yang buruk pasti dia juga akan berkelakuan yang buruk pula, begitu juga sebaliknya. Pengaruh lingkungan sekitar sangatlah dominan dalam tawuran pelajar, karena biasanya pelajar itu hanya mengikuti apa yang dilakukan temannya,  supaya  biar engga dianggap “cemen” oleh teman-teman sekolahnya.  Padahal jika dia bisa memilih temen mana yang baik dan mana yang buruk buat dia, dia bisa terhindar sedikit dari masalah tawuran pelajar.
Demikianlah Kasus masalah sosial tentang tawuran pelajar yang bisa saya sharing di blog saya ini. Tunggu artikel selanjutnya di blog saya ini yaaak😀
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: