RSS

Masalah Kependudukan

02 Nov

Apa sih arti Masalah Kependudukan?

Sebelum ke masalah kependudukan, kita sendiri harus mengetahui apa sih arti “Penduduk” itu? Pengertian “Penduduk” secara umum adalah masyarakat yang tinggal atau mendiami suatu wilayah tertentu. Dan dalam sosiologi sendiri, penduduk merupakan kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.

Jadi setelah kita tahu apa arti “penduduk” itu, kita juga pasti akan tahu apa arti dari “Masalah Kependudukan”. Masalah Kependudukan bisa disebut juga sebagai masalah sosial, karena masalah itu terjadi di lingkungan sosial atau masyakarat. Masalah tersebut bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, baik di negara maju maupun negara Indonesia yang sedang berkembang ini. Masalah kependudukan terjadi karena perkembangan penduduk yang tidak seimbang.

Macam-macam Masalah Kependudukan, yaitu:

  1. Kepadatan Penduduk
  2. Pertumbuhan Penduduk
  3. Tingkat pendidikan

Dari macam-macam masalah kependudukan tadi, penulis akan mengambil salah satu masalah kependudukan itu dan menjelaskan apa pengertian masalah tersebut bagaimana cara mengatasinya. Masalah kependudukan yang akan dibahas, yaitu Pertumbuhan Penduduk. Apa sih pengertian Pertumbuhan Penduduk??..

Pertumbuhan penduduk adalah perubahan populasi sewaktu-waktu, dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan “per waktu unit” untuk pengukuran. Sebutan pertumbuhan penduduk merujuk pada semua spesies, tapi selalu mengarah pada manusia, dan sering digunakan secara informal untuk sebutan demografi nilai pertumbuhan penduduk, dan digunakan untuk merujuk pada pertumbuhan penduduk dunia. Pertumbuhan penduduk di negara Indonesia ini sudah sangat pesat karena diliat dari sensus penduduk yang berdasarkan informasi dari BPS ( Badan Pusat Statistik) jumlah penduduk di negara Indonesia pada tahun 2000 sebanyak 200 241 999 jiwa sedangkan pada  tahun 2010 sudah mencapai  237 641 326 jiwa. Perkembangan penduduk yang pesat itu terjadi karena beberapa faktor, yaitu :

  1. Tingkat angka kelahiran
  2. Tingkat angka kematian

Tingkat angka kelahiran

Kelahiran adalah hasil reproduksi yang nyata dari seorang wanita atau kelompok wanita.  Tingkat angka kelahiran yaitu pertambahan jumlah penduduk dalam suatu periode tertentu.

Tingkat angka kelahiran yang tinggi disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :

  1. Pernikahan usia dini
  2. Adanya keinginan manusia untuk memiliki keturunan
  3. Masyarakat beranggapan bahwa banyak anak banyak rezeki

Tingkat angka kematian

Kematian adalah akhir dari kehidupan suatu makhluk hidup.  Tingkat angka kematian yaitu pengurangan jumlah penduduk dalam suatu periode.

Tingkat angka kematian yang tinggi disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :

  1. Adanya wabah penyakit
  2. Adanya bencana alam
  3. Lingkungan kehidupan yang tidak layak
  4. Kesehatan dan gizi yang kurang baik

Solusi dalam menanggulangi Pertumbuhan Penduduk ..?

  1. Melaksanakan program KB ( 2 anak lebih baik)
  2. Menunda pernikahan dini
  3. Meratakan pertumbuhan penduduk

Dari solusi tersebut, penulis berharap Pertumbuhan Penduduk di negara  Indonesia bisa lebih stabil dan hidup masyarakat Indonesia menjadi lebih baik lagi dari yang sebelumnya.

About these ads
 

2 responses to “Masalah Kependudukan

  1. Nurhasyanah

    Oktober 24, 2013 at 12:39 pm

    Makasih atas informasiný

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: